Breaking News
Home / Kolom / Cara Aman Melaksanakan Ibadah Haji

Cara Aman Melaksanakan Ibadah Haji

Cara Aman Melaksanakan Ibadah Haji

ibadah hajiIbadah Haji merupakan ibadah yang melibatkan kesatuan fisik dan harta, sehingga diperlukan persiapan ekstra baik saat melakukan rangkaian ibadah fisik seperti thawaf, sa’i dan sebagainya maupun ibadah harta seperti membayar dam dan berqurban.

Kesucian beribadah jamaah haji kadang ternodai oleh ulah orang orang yang mencoba mengambil manfaat dari keikhlasan jemaah ketika berangkat dari negara masing-masing hingga dalam setiap rangkaian ibadah hingga pulang ketanah air, mereka tidak peduli melakukannya ditanah haram dan baitullah.

Untuk lebih detailnya cara aman melaksanakan ibadah haji, kami coba menengahkan modus-modus yang rentan terjadinya kejahatan saat anda melakukan ibadah haji.

1. Modus menawarkan kambing untuk membayar dam. Modus ini paling masyhur dikalangan penjual kambing atau pendamping haji yang nakal, berinisiatif membayarkan dam anda namun ternyata tidak disampaikan.

Alasan yang muncul ketika anda mencoba menanyakan perihal apakah dam anda sudah dibayarkan atau belum ? biasanya dijawab sudah dibayarkan namun anda tidak sempat diantarkan ke tempat pemotongan hewan karena waktu sudah mendesak dan mepet, atau kambing yang sama ditawarkan kepada jamaah yang lain. Ada juga pendamping haji yang amanah menyampaikan dam anda agar memudahkan anda melakukan rangkaian ibadah haji yang lain. Tergantung anda melihat apakah pendamping haji anda bisa dipercaya atau tidak, karena ini menyangkut sahnya ibadah haji anda.

Cara aman membayar dam anda, bayarkan secara langsung kepada baitul maal / bank yang telah disediakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

2. Tas disilet saat anda tengah berdesakan melaksanakan rangkaian ibadah.

3. Perbuatan tidak senonoh saat anda mengendarai taksi, terutama bagi jamaah haji perempuan, jangan bepergian sendiri.

4. Perempuan bercadar seolah menjadi polisi yang memeriksa dan menggeledah isi tas jamaah.

5. Modus mengantarkan jamaah haji yang tersesat, lalu minta bayaran setelah mengantarkan.

Modus operandi diatas adalah pola yang sudah lazim terjadi saat anda melakukan rangkaian ibadah haji, dengan mengetahui hal tersebut semoga keikhlasan anda dalam melaksanakan ibadah haji tidak dimanfaatkan oleh orang orang yang berniat mengumpulkan manfaat dengan cara tidak benar.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter @ponpesalbadar

====

Facebook Comments

Review Overview

Cara Aman Melaksanakan Ibadah Haji

User Rating: Be the first one !

Check Also

DPR

Tugas, Fungsi dan Wewenang DPR

DPR adalah lembaga negara sebagai lembaga perwakilan. DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai …