Breaking News
Home / Kumpulan Doa dan Kisah / Kisah Nabi Ibrahim Menghancurkan Berhala

Kisah Nabi Ibrahim Menghancurkan Berhala

nabi ibrahimKetika Nabi Ibrahim dapat menyelinap dan masuk ke tempat pemujaan mereka (berhala-berhala bapaknya dan kaumnya) lalu Nabi Ibrahim melihat banyak berhala di sekelilingnya yang di dekatnya di berikan makanan-makanan (sebagai sajian-sajian) maka Nabi Ibrahim mengejeknya dengan perkataan :’’ apakah kamu (berhala-berhala) tidak makan dan kenapa kamu tidak menjawabnya?Apakah kamu bisu, dan tuli dan mereka senang menunjanimu yang tidak bisa berkata? kemudian Nabi Ibrahim merebahkan dan menhancurkan (berhala-berhala) itu dengan (kapak) di tangannya, sehingga semuanya hancur terkecuali hanya satu berhala yang bersar yang tidak di hancurkan, hal itu agar mereka memperdebadkan atas kehancuran berhalanya.

إِذْ قَالَ لأبِيهِ وَقَوْمِهِ مَاذَا تَعْبُدُونَ (٨٥)أَئِفْكًا آلِهَةً دُونَ اللَّهِ تُرِيدُونَ (٨٦)فَمَا ظَنُّكُمْ بِرَبِّ الْعَالَمِينَ (٨٧)فَنَظَرَ نَظْرَةً فِي النُّجُومِ (٨٨)فَقَالَ إِنِّي سَقِيمٌ (٨٩)فَتَوَلَّوْا عَنْهُ مُدْبِرِينَ (٩٠)فَرَاغَ إِلَى آلِهَتِهِمْ فَقَالَ أَلا تَأْكُلُونَ (٩١)مَا لَكُمْ لا تَنْطِقُونَ (٩٢)فَرَاغَ عَلَيْهِمْ ضَرْبًا بِالْيَمِينِ (٩٣)فَأَقْبَلُوا إِلَيْهِ يَزِفُّونَ (٩٤)قَالَ أَتَعْبُدُونَ مَا تَنْحِتُونَ (٩٥)وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ (٩٦)قَالُوا ابْنُوا لَهُ بُنْيَانًا فَأَلْقُوهُ فِي الْجَحِيمِ (٩٧)فَأَرَادُوا بِهِ كَيْدًا فَجَعَلْنَاهُمُ الأسْفَلِينَ (٩٨)وَقَالَ إِنِّي ذَاهِبٌ إِلَى رَبِّي سَيَهْدِينِ (٩٩)

(ingatlah) ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya: “Apakah yang kamu sembah itu ? Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong? Maka Apakah anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam?” lalu ia memandang sekali pandang ke bintang-bintang. kemudian ia berkata:”Sesungguhnya aku sakit”. lalu mereka berpaling daripadanya dengan membelakang. kemudian ia pergi dengan diam-diam kepada berhala-berhala mereka; lalu ia berkata: “Apakah kamu tidak makan? kenapa kamu tidak menjawab?” lalu dihadapinya berhala-berhala itu sambil memukulnya dengan tangan kanannya (dengan kuat). kemudian kaumnya datang kepadanya dengan bergegas. Ibrahim berkata: “Apakah kamu menyembah patung-patung yang kamu pahat itu ? Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu”. mereka berkata: “Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar) Ibrahim;lalu lemparkanlah Dia ke dalam api yang menyala-nyala itu”. mereka hendak melakukan tipu muslihat kepadanya, Maka Kami jadikan mereka orang-orang yang hina. dan Ibrahim berkata:”Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku. (Q.S. Ash-Shoffat: 85-99)

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter @ponpesalbadar

====

Facebook Comments

Check Also

thariq bin ziyad

Thariq bin Ziyad Sang Penakluk Andalusia

Thariq bin Ziyad bin Abdullah bin Walgho bin Walfajun bin Niber Ghasin bin Walhas bin …