Breaking News
Home / Ulumuddin / Akhlaq dan Tausiah / Pengertian dan Tanda Orang Munafik

Pengertian dan Tanda Orang Munafik

Pengertian dan Tanda Orang Munafik

Pengertian Munafik

munafikMunafik ( munafiq ) merupakan sikap yang sangat dibenci agama, sebab munafik adalah sikap menampilkan dirinya bertentangan dengan kemauan hati dalam kehidupan beragama. Banyak ayat dalam Al-Qur’an Al-Karim yang senantiasa menjadi alarm bagi kita tentang bahaya besar sifat munafik. Sebagaimana dalam Surah At-Taubah Ayat  64, 67-68 :

يَحْذَرُ الْمُنَافِقُونَ أَنْ تُنَزَّلَ عَلَيْهِمْ سُورَةٌ تُنَبِّئُهُمْ بِمَا فِي قُلُوبِهِمْ قُلِ اسْتَهْزِئُوا إِنَّ اللَّهَ مُخْرِجٌ مَا تَحْذَرُونَ

Artinya : orang-orang yang munafik itu takut akan diturunkan terhadap mereka sesuatu surat yang menerangkan apa yang tersembunyi dalam hati mereka. Katakanlah kepada mereka: “Teruskanlah ejekan-ejekanmu (terhadap Allah dan rasul-Nya).” Sesungguhnya Allah akan menyatakan apa yang kamu takuti itu.

الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Artinya : orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang Munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya ( berlaku kikir ) mereka telah lupa kepada Allah, Maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik.

 وَعَدَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا هِيَ حَسْبُهُمْ وَلَعَنَهُمُ اللَّهُ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ (٦٨)

Artinya :  Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah mela’nati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

Tanda Orang Munafik

Terkadang kita tidak dapat membedakan perilaku munafik, karena sifat tersebut memang lebih banyak ditujukan untuk memberi pembedaan antara muslim yang beriman dan muslim mengarah kepada kefasikan.

Namun, Rasulullah SAW dengan detail menjelaskan tanda-tanda orang munafik melalui hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang berbunyi :

اية المنافق ثلاث : اذا حدث كذب , واذاوعد اخلف, واذااؤتمن خان ( متفق عليه

Aayatul Munafik tsalaasun, idzaa haddasa kazaba, wa idzaa wa’ada akhlafa, wa idza’ tumina khaana

Artinya : Tanda Orang munafik ada tiga : apabila berbicara ia berbohong, apabila berjanji ia menyalahi, apabila  diserahi amanah, ia berkhianat. ( Muttafaqun ‘Alaih).

Perihal mengenai bahwa berbohong merupakan salah satu tanda orang munafik ditegaskan dalam Al-Qur’an :

إِذَا جَاءَكَ الْمُنَافِقُونَ قَالُوا نَشْهَدُ إِنَّكَ لَرَسُولُ اللَّهِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ إِنَّكَ لَرَسُولُهُ وَاللَّهُ يَشْهَدُ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ لَكَاذِبُونَ (١)

Artinya : apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: “Kami mengakui, bahwa Sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah”. dan Allah mengetahui bahwa Sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa Sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta.

Demikian tulisan singkat mengenai Pengertian dan Tanda Orang Munafik, semoga memberi manfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter @ponpesalbadar

====

Facebook Comments

Review Overview

Pengertian dan Tanda Orang Munafik

User Rating: Be the first one !

Check Also

Pahala Orangtua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak

Ini Pahala Orangtua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak

Ini Pahala Orangtua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak Kemajuan peradaban dengan masyarakat yang semakin dinamis dimana …